Inilah Sejarah Lahirnya Honda CB & Spesifikasi Honda CB All Series
Inilah Sejarah Lahirnya Honda CB & Spesifikasi Honda CB All Series
Honda CB 100, salah satu produk Honda yang dikeluarkan oleh PT. Federal Motor pada tahun 1970 hingga tahun 1982.
Honda memperkenalkan produk Honda CB pertamanya adalah Honda CB 100-K0, yang diluncurkan pada tahun 1970. Kemunculan Honda CB 100 melanjutkan perjalanan sang abang Honda 90 Z, yang hadir pada tahun sebelumnya sekitar tahun 1969.
Hadir dengan model yang lebih baik, bentuk tangki bulat, serta nyaman dikendarai, dan tenaga yang lumayan ternyata sangat menarik minat para pengguna sepeda motor di Indonesia pada era tahun 1970-an.
Walaupun saat ini Honda CB tergolong motor lama, tapi penggemarnya tetap banyak dan diminati para pengguna sepeda motor di Indonesia atau pun para biker, ingin mengoleksi Honda CB 100 sebagai salah satu sepeda motor koleksinya.
Honda CB 100 terdiri dari beberapa varian, yaitu:
- Varian K0, K1, K2, K3, K4 dan K5
- Varian N
Honda CB 100-K0 (1970-1971)
Spesifikasi:
NOMOR SERIAL : CB100-100001
Kapasitas mesin: 99cc, OHC
Tipe mesin: 4-tak, 1 silinder
Power: 11,5 Hp @ 10.500rpm
Top speed: 110.0 km/jam
Kompresi: 9.5:1
Bore x Stroke: 50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valve per cylinder: 2
Pengapian: Platina
Pendingin mesin: Udara
Transmisi: 5-speed
Tipe transmisi: Chain
Ban depan: 2.50-18
Ban belakang: 2.75-18
Rem depan: tromol
Rem belakang: tromol
Physical measures and capacities
Berat kosong: 92 kg
Kapasitas tangki: 10 liter
Pada dasarnya spesifikasi di atas, berlaku untuk varian CB, dari K0 hingga K3
Honda CB 100-K1 (1971)
Honda CB 100, salah satu produk Honda yang dikeluarkan oleh PT. Federal Motor pada tahun 1970 hingga tahun 1982.
Honda memperkenalkan produk Honda CB pertamanya adalah Honda CB 100-K0, yang diluncurkan pada tahun 1970. Kemunculan Honda CB 100 melanjutkan perjalanan sang abang Honda 90 Z, yang hadir pada tahun sebelumnya sekitar tahun 1969.
Hadir dengan model yang lebih baik, bentuk tangki bulat, serta nyaman dikendarai, dan tenaga yang lumayan ternyata sangat menarik minat para pengguna sepeda motor di Indonesia pada era tahun 1970-an.
Walaupun saat ini Honda CB tergolong motor lama, tapi penggemarnya tetap banyak dan diminati para pengguna sepeda motor di Indonesia atau pun para biker, ingin mengoleksi Honda CB 100 sebagai salah satu sepeda motor koleksinya.
Honda CB 100 terdiri dari beberapa varian, yaitu:
- Varian K0, K1, K2, K3, K4 dan K5
- Varian N
Honda CB 100-K0 (1970-1971)
Spesifikasi:
NOMOR SERIAL : CB100-100001
Kapasitas mesin: 99cc, OHC
Tipe mesin: 4-tak, 1 silinder
Power: 11,5 Hp @ 10.500rpm
Top speed: 110.0 km/jam
Kompresi: 9.5:1
Bore x Stroke: 50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valve per cylinder: 2
Pengapian: Platina
Pendingin mesin: Udara
Transmisi: 5-speed
Tipe transmisi: Chain
Ban depan: 2.50-18
Ban belakang: 2.75-18
Rem depan: tromol
Rem belakang: tromol
Physical measures and capacities
Berat kosong: 92 kg
Kapasitas tangki: 10 liter
Pada dasarnya spesifikasi di atas, berlaku untuk varian CB, dari K0 hingga K3
Honda CB 100-K1 (1971)
- terdapat trim warna krom pada jok
- Tipe mesin: 99cc, 1 silinder, OHC
- Transmisi: 5-speed
- no serial: CB100-200001
Honda CB 100-K2 (1972-1975), CB Gelatik
- no serial mulai dari CB100-1200001
Honda CB 100-K3 (1976 - 1981/1982)
Pada honda CB 100-K3 pada tenki terdapat garis striping dan terdapat tulisan honda. Logo sayap
Honda yang ada pada versi CB 100 sebelumnya pun tidak ada lagi.
Honda CB 100-K4
Honda CB 100-K4, sepertinya tidak pernah masuk ke Indonesia secara resmi. Menurut informasi model K4 memiliki bentuk yang lebih mendekati bentuk Honda GL 100.
Honda CB 100-K5 (1981)
Honda CB 100-K5,
merupakan seri-seri terakhir Honda CB menjelang benar-benar beralih ke
Honda GL. Bentuk hampir mirip dengan Honda GL 100, terlihat beda dari bentuk jok yang lebih datar.
Pengapian masih menggunakan platina.
Honda CB 100-K5, diproduksi pertama sekali pada tahun 1981 hingga tahun 1985.
Spek tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya, hanya tangki dan corak yang terlihat berbeda.
Pengapian masih menggunakan platina.
Honda CB 100-K5, diproduksi pertama sekali pada tahun 1981 hingga tahun 1985.
Spek tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya, hanya tangki dan corak yang terlihat berbeda.
Honda CB 100 N (1982)
Setelah mengeluarkan yang model K5,
Honda juga mengeluarkan Honda CB versi N, atau tepatnya Honda CB 100 N. Bentuk
agak berbeda dengan model sebelumnya. Sedangkan spek mesin tidak terlalu
berbeda dengan model sebelumnya. Mungkin ini yang menjadi cikal bakal Honda GL
Max. Karena bentuk tangki mulai mengarah ke bentuk Honda GL Max.
PT. Federal Motor, pada tahun 1970, selain mengeluarkan CB 100 dengan berbagai varian, juga mengeluarkan versi CB dengan kapasitas mesin lebih besar, yaitu CB 125, CB 175 dan CB 200.
Kemudian sekarang perusahaan Honda yang sejak tahun 2000 berganti nama menjadi PT. Astra Honda Motor (AHM), pada tahun 2013 awal, meluncurkan Honda CB versi "super"nya yang sarat teknologi, dengan kemampuan di atas rata-rata motor sekelasnya, yaitu Honda CB 150 R.
Kemudian sekarang perusahaan Honda yang sejak tahun 2000 berganti nama menjadi PT. Astra Honda Motor (AHM), pada tahun 2013 awal, meluncurkan Honda CB versi "super"nya yang sarat teknologi, dengan kemampuan di atas rata-rata motor sekelasnya, yaitu Honda CB 150 R.
semoga bermanfaat & share ke dulur dulur yang lain ya.
sumber >> www.motorganteng.com
Komentar
Posting Komentar